Catatan dari PERSAMI

Tulungagung – Mengawali musim liburan akhir semester 1 tahun pelajaran 2018-2019, Pramuka SD Islam Bayanul Azhar (Prasdizar) menyelenggarakan perkemahan Sabtu Minggu yang lazim disebut dengan istilah persami. Kegiatan ini dilaksanakan di halaman SDI Bayanul Azhar pada hari Sabtu, tanggal 16-17 Desember 2018.

Kegiatan diawali dengan Upacara Pembukaan yang dihadiri oleh Drs. Atim, M.Pd.I, Direktur Lembaga Pendidikan Bayanul Azhar. Dalam sambutannya, beliau menggarisbawai pentingnya kegiatan pramuka untuk meningkatkan kreativitas dan penguasaan life skill bagi setiap siswa. “Pramuka merupakan ajang untuk berkreasi, berinovasi, dan menunjukkan kemampuan kalian dari berbagai bidang. Jadi pramuka ndak boleh malu-malu, harus berani, meskipun penampilannya belum sempurna. Membuat kesalahan tidak masalah, karena setiap orang pasti pernah salah.” kata beliau dalam amanah upacara pembukaan.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi untuk berbagai ketrampilan kepramukaan seperti materi tentang sandi-sandi, semaphore, tali temali, dan sebagainya. Menjelang maghrib adik-adik pramuka beristirahat dilanjutkan dengan sholat jamaah Maghrib dan makan malam. Kegiatan istirahat, makan, dan shalat dilanjut sampai tiba saatnya shalat Isya’. Kegiatan pun dilanjutkan dengan jamaah shalat Isya’.

Setelah jamaah shalat Isya’ acara dilanjutkan dengan api unggun. Kegiatan ini diawali dengan apel api unggun yang berisi pembacaan dasa dharma dan penyerahan obor untuk menyalakan api unggun. Setelah itu, dilanjutkan berbagai pentas seni dari masing-masing regu. Semua peserta persami nampak sangat antusias dan menikmati acara ini sehingga acara ini berlangsung dengan meriah. Acara selesai pada pukul 22.15 dan kepada para peserta dipersilahkan untuk beristirahat.

Hari berikutnya, kegiatan dilanjutkan dengan pelaksanaan shalat Subuh berjamaah, mendengarkan kultum, lalu dilanjutkan dengan senam pagi. Setelah senam, para peserta dipersilahkan untuk istirahat dan sarapan. Pada sekitar pukul 08.00 kegiatan dilanjutkan dengan penjelajahan. Kegiatan ini berlangsung hingga tengah hari dimana para peserta harus mengikuti shalat Dhuhur berjamaah. Pada pukul 13.00 acara selesai dan ditutup dengan upacara penutupan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *