BACK TO SCHOOL HAPPILY

Liburan akhir semester I tahun ajaran 2018/2019 telah usai. Saatnya kembali ke sekolah, berkumpul bersama teman, bermain, tumbuh, dan belajar bersama teman-teman. Hal-hal membosankan yang selama ini dialami akan berubah menjadi hal-hal yang menyenangkan kembali. Betapa tidak? Pada saat liburan, jika pas tidak sedang pergi, apa saja yang kalian lakukan, kids? Bangun tidur, makan pagi, mandi, nonton TV, sampai…lelah, hanya untuk nonton TV? Sebaliknya, ketika di sekolah, banyak teman bicara, teman bermain, teman ngobrol, teman belajar, teman mengaji. Ada para bapak dan ibu guru, ada halaman sekolah yang luas, ada taman yang penuh bunga, ada perpustakaan yang penuh buku, ada play ground yang siap digunakan untuk bermain. Apalagi?

Ada PR? Ada tugas? Ada Ulangan? Halaaah, itu hal biasa. PR bisa dikerjakan bersama mama atau papa, tugas…ya…kerjasama teman-teman lah, lalu ulangan, biasa saja. Sudah sering kita mengikuti ulangan, ya begitu-begitu saja. Cukup diatasi dengan banyak membaca, banyak diskusi, banyak bertanya, banyak berlatih. Cukup, cukup itu aja…! Ya, kan?

Sekolah itu menyenangkan, tidak sekolah, apa nya yang menyenangkan? Sekolah ada tantangan, ada pelajaran yang harus dipelajari, ada sesuatu yang bermakna yang harus dilakukan. Indahnya, jika bisa melakukan sesuatu yang bermanfaat, baik bagi diri kita sendiri, maupun bagi orang lain. Bukankah orang yang terbaik diantara kalian ada orang yang paling bermanfaat?

Tapi jangan lupa kids, tetap saja semua harus serius. Ya, memang sesekali ya harus santai juga, jadi sersanlah…serius tapi santai. Pada saat serius, ya seriuslah. Konsentrasi, memperhatikan apa yang disampaikan guru, fokus, dan sungguh-sungguh. Tapi, pada saat santai, ya santai lah. Supaya pikiran tetap fresh, otak tidak tegang.

Belajar, salah satu kuncinya sungguh-sungguh, fokus, dan serius. Kalau ndak sungguh-sungguh, ya gimana mau berhasil. Kalau ndak fokus, gimana mau sukses. Kalau nggak serius, ya gimana menghasilkan sesuatu yang terbaik.

Nah, tapi bisa kok, semuanya dilakukan dengan kondisi yang rileks. Konsentrasi tidak harus tegang, fokus tidak kaku, dan serius tidak harus bekerja terus menerus.

Intinya, tahu membagi waktu lah. Welcome back to school kids!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *