Oktober 22, 2019

Visualisasi Mataram Islam di Kirab Budaya 2019

Tulungagung – Rabu, 4 September 2019 merupakan salah satu hari yang istimewa bagi masyarakat pendidikan di wilayah Kecamatan Sumbergempol. Pada hari itu, 39 Sekolah Dasar Negeri dan Swasta di wilayah tersebut mengikuti Kirab Budaya yang dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT RI yang ke 74. Kegiatan yang melibatkan ribuan siswa, guru, dan wali murid tersebut Start di depan Balai Desa Doroampel, dan finish di halaman Kantor Pertanian Kecamatan Sumbergempol.

Pada kesempatan ini, para santri di SD Islam Bayanul Azhar mencoba memvisualisasi kehidupan pada abad 16, yaitu pada masa kejayaan Kerajaan Mataram Islam dibawah kepemimpinan Sultan Agung Hanyokro Kusumo.

Barisan Kirab Budaya dari SDI BA diawali dengan pasukan pembawa bendera dan foto presiden, wakil presiden, serta Garuda Pancasila, kemudian diikuti oleh maskot Sultan Agung, Ratu Kulon, dan Ratu Wetan. Di belakangnya visualisasi Sultan Agung remaja, beserta para penggawa Kerajaan Mataram Islam. Setelah itu diikuti oleh pasukan dayang-dayang kerajaan yang menampilkan gerak tari tradisional ala zaman itu. Pasukan yang paling belakang adalah barisan rakyat Mataram Islam yang dengan bangga membawa serta hasil buminya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *