Desember 12, 2019

English Game Day 2019

Tulungagung – Salah satu penguatan program International Class Program (ICP) yang telah dilaksanakan oleh SDI BA sejak tahun 2009, adalah outdoor classroom yang diwujudkan dalam program English Game Day. Program ini pada intinya, mengajak siswa untuk belajar di luar ruang kelas, namun tetap menggunakan materi sebagaimana belajar di dalam ruangan. Hanya saja, metode dan pendekatan yang digunakan berbeda, sehingga anak tidak lagi terkesan belajar serius namun tetap bisa mendapatkan materi sebagaimana ditetapkan.

Sebagaimana diketahui, bahwa program ICP yang diterapkan di SDI BA meliputi tiga mata pelajaran berbahasa Inggris. Yaitu, Math, Science, dan English itu sendiri. Hal ini mengacu pada program yang diterapkan di dalam program Cambridge International School, yang juga diikuti oleh ribuan sekolah di dunia. Pembelajaran program ICP ini tetap menggunakan sistem subject (mata pelajaran), namun sejak awal menggunakan active learning, sehingga kelas-kelas ICP merupakan kelas-kelas yang aktif, kreatif, dan inovatif. Apalagi, diterapkannya pembelajaran akselerasi berbasis workbook, membuat ICP memiliki pendekatan yang berbeda dan lebih fleksibel dibanding dengan pembelajaran pada umumnya.

English Game Day diikuti oleh para siswa program ICP khususnya kelas tinggi (kelas 4, 5, dan 6). Dalam kegiatan tersebut mereka mengikut game-game berbasis ilmu pengetahuan, kuis, dan lain-lain. Dalam hal ini, kuis yang diberikan berupa kuis ala “rangking 1” dengan materi Math , Science, dan English, yang diberikan dengan pengantar bahasa Inggris. Sehingga, siswa tidak saja harus mampu memahami instructions yang diberikan guru, tetapi juga harus dapat mengejrakan soal yang diberikan.

English Game Day dilaksanakan satu kali dalam satu semester dengan lokasi kegiatan yang berbeda-beda. Pada semester ini, EGD dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 2 November 2019 bertempat di halam Goa Pasir Sumbergempol Tulungagung. Kegiatan dilaksanakan mulai pukul 08.00 WIB sd Pukul 11.00 WIB dan diikuti oleh 59 siswa berasal dari kelas 4, 5, dan 6 yang mengikuti program ICP di SDI BA. (ans)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *