Kapolsek Sumbergempol Menyapa

Kunjungan Kapolsek Sumbergempol ke SDI Bayanul Azhar dalam Rangka Sosialisasi Program Astuti (Agunging Sikap Tulung Tinulung) kepada para Santri

Tulungagung – Upacara hari Senin, tanggal 3 Pebruari 2020 merupakan salah satu hari istimewa bagi para santri SDI dan SMPIT Bayanul Azhar Bendiljati Kulon. Betapa tidak, pada hari itu Kapolsek Sumbergempol AKBP Sutejo, berkenan hadir untuk berkunjung ke sekolah Islam Unggulan binaan LP Ma”arif Jawa Timur itu. Sedianya, kegiatan di wujudkan dalam bentuk Upacara Bendera dengan Irup Kapolsek Sumbergempol. Namun demikian, karena hujan dan kondisi halaman masih belum memungkinkan dilaksanakannya upacara, kegiatan dialihkan dalam bentuk apel yang hanya diikuti oleh kelas 3, 4, dan 5 SDI BA, serta kelas 7 SMPTI BA Bendiljati Kulon Sumbergempol.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu gubahan KH Wahab Chasbullah yang kini menjadi “lagu wajib” di semua sekolah Ma’arif, yaitu lagu Subbanul Wathon. Setelah itu, diberikan penjelasan ringkas tentang kegiatan itu oleh Kepala SDI Bayanul Azhar, Moh. Ansori, M.Pd.I.

Dalam penjelasanya, Kepala SDI BA menjelaskan bahwa acara itu dilaksanakan dalam rangka mendekatkan Polri dengan masyarakat, khususnya para santri dan civitas akademika di lingkungan YPID Bayanul Azhar. Kedekatan Polri dengan masyarakat sangat penting karena hal itu akan lebih mudah mensikronkan program-program Polri dengan masyarakat. Sehingga Polri dan masyarakat dapat berjalan beriringan untuk menjaga ketertiban dan keamanan di masyarakat. Sekaligus merupakan ajang edukasi bagi para santri, untuk lebih mengenal program-program polri secara umum.

Sementara itu, dalam sambutan pengarahannya, AKBP Sutejo mengajak para santri untuk meneriakkan yel-yel program Astuti (Agunging Sikap Tulung Tinulung). Dalam kesempatan itu, Kapolsek Sumbergempol itu menjelaskan bahwa sebagai santri, sikap tulung-tinulung harus menjadi sikap yang diutamakan. Saling tolong sesama santri merupakan akhlak terpuji, yang harus menjadi konsen para santri. Dengan demikian tidak akan ada lagi bullying, pengancaman, pertengkaran, bahkan tawuran antar pelajar.

Selanjutnya, Pak Tejo, demikian panggilan akrab Kapolsek Sumbergempol tersebut, juga menekankan agar para santri menjauhi narkoba, taat terhadap peraturan, baik peraturan di masyarakat maupun peraturan berlalu lintas. Karena, peraturan merupakan salah satu upaya, agar semua dapat hidup selamat, dapat hidup secara teratur, dapat hidup rukun dan harmonis, dan lain sebagainya.(ans)