Kiprah Siswa SDIBA di PORSISTA X Tahun 2020

Tulungagung. Perhelatan Pesta Olahraga dan Seni (Porsista) X diselenggarakan di SD Islam Bayanul Azhar Bendiljati Kulon Kecamatan Sumbergempol mulai 27 Januari sampai dengan 1 Pebruari 2020. Pada tahun ini, kegiatan diikuti oleh 15 sekolah Islam unggulan yang berada di tiga kecamatan yaitu Ngunut, Sumbergempol, dan Rejotangan. Kegiatan dilaksanakan dalam tiga lokasi yaitu di lingkungan SD Islam Bayanul Azhar, lapangan desa Jabalsari, dan GOR Tunggangri Kalidawir.

Tim Sepakbola U12 dan U10 yang masing-masing menjadi Juara I

Dilihat dari jenis lombanya, Porsista X ini memiliki tambahan 2 jenis lomba, yaitu Pantomim dan Hadrah (Sholawat). Sementara itu satu jenis lomba mengalami “metomorfosis”, yaitu dari lomba melukis menjadi lomba gambar bercerita. “Perubahan-perubahan ini perlu kita lakukan, untuk menyesuaikan dengan jenis-jenis lomba yang diselenggarakan oleh Kemendikbud maupuan Kemenag”, jelas Ketua Panitia Porsista X, Marjian Aswin.

Perlombaan-perlombaan itu dikategorikan menjadi 3 kategori besar, yaitu bidang seni, agama, dan olah raga. Berikut jenis-jenis lomba berdasarkan kelompok atau kategori yang ditetapkan:

  1. Olaraga : sepak bola, bulu tangkis, bola voli, lompat jauh, kids athletic, catur, sprint, lari jarak menengah
  2. Seni : Gambar bercerita, plastisin, pantomim, baca puisi
  3. Agama : Khitobah (Pildacil), olimpiade PAI, tartilul qur’an, adzan, tilawatil qur’an, sholawat, qosidah, lagu religi, dan kaligrafi.

Sebagai tuan rumah, SDI BA memiliki berbagai keuntungan, antara lain: banyaknya supporter dan pengenalan medan. Namun, karena terbatasnya waktu dan personalia, para guru pembimbing harus membagi waktu antara melatih atlit dan mempersiapkan pelaksanaan Porsista X secara menyeluruh. Meskipun demikian, para santri SDI BA menyumbangkan banyak piala dari berbagai perlombaan, yaitu:

  1. Juara 1 Olimpiade PAI Putra
  2. Juara 1 Olimpiade PAI Putri
  3. Juara 1 Sepakbola U12
  4. Juara 1 Sepakbola U10
  5. Juara 3 Puisi Putra
  6. Harapan 2 Puisi Putra
  7. Juara 3 Batminton Pa
  8. Juara 3 Batminton Pi
  9. Harapan 2 Gambar Bercerita
  10. Juara 3 Volley Pa
  11. Juara 3 Lagu Religi
  12. Juara 2 Qosidah
  13. Harapan 1 Lompat Jauh Pa
  14. Harapan 1 Lompat Jauh Pi
  15. Juara 3 Lari Sprint Pa
  16. Juara 3 Pantomim
  17. Juara 2 Kid Atletic
  18. Juara 3 Sholawat

Penutupan kegiatan Porsista X dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 8 Pebruari 2020. Dalam penutupan itu, dilaksanakan kegiatan seremonial yang dihadiri oleh para kepala sekolah dan kepala madrasah peserta dan para guru pendamping serta siswa yang memperoleh juara. Kegiatan penutupan diakhiri dengan penyerahan Piala untuk masing-masing kategori. (ans)