Magang, Sinergitas Sekolah dan Perguruan Tinggi

Tulungagung – Perguruan tinggi tidak hanya merupakan lembaga yang memproduksi lulusan dengan berbagai keahlian, tetapi juga merupakan lembaga riset untuk berbagai kepentingan, termasuk pengembangan pendidikan. Dalam perguruan tinggi dikembangkan berbagai teori termasuk diantaranya inovasi pendidikan. Oleh karena itu, kerjasama lembaga dengan perguruan tinggi dapat mendorong dan membantu sekolah dalam melakukan inovasi pendidikan.

Berdasarkan hal itu, SD Islam Bayanul Azhar menjalin kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi, diantaranya adalah IAIN Tulungagung. Salah satu bentuk kerjasamanya adalah pengiriman mahasiswa jurusan PGMI untuk Magang di sekolah ini, berbagai observasi pembelajaran, dan penelitian baik untuk kepentingan tugas akhir mahasiswa S1 ataupun S2.

Pada hari Kamis, tanggal 12 Maret 2020 di ruang kelas VI C SDI Bayanul Azhar di laksanakan Pembukaan Magang I Mahasiswa Jurusan PGMI IAIN Tulungagung. Hadir dalam kegiatan tersebut Direktur Lembaga Pendidikan Bayanul Azhar Drs. Atim, M.Pd.I, Kepala SDI Bayanul Azhar Mohamad Ansori, M.Pd.I, Dosen Pembimbing, para guru pamong, dan 10 orang mahasiswa Jurusan PGMI yang Magang di SDI Bayanul Azhar pada tahun ini.

Dalam kesempatan itu, Drs. Atim, M.Pd.I menjelaskan pentingnya sinergitas antara sekolah dan perguruan tinggi. “Kehadiran mahasiswa magang ini, tidak saja untuk memperoleh pengealaman mengajar, tetapi juga diharapkan dapat memberikan masukan bagi pengembangan dan inovasi pembelajaran”, ujarnya.

Sementara itu, Mohamad Ansori, M.Pd.I menjelaskan bahwa, “Bagi SDI Bayanul Azhar, kegiatan mahasiswa baik berupa observasi pembelajaran, penelitian, atau magang, merupakan salah satu kegiatan yang positif dan mendukung adanya inovasi pendidikan.”

“Bagaimanapun juga, di kampusnya para mahasiswa itu mendapatkan teori-teori pembelajaran dan pengembangan pendidikan, yang sangat mungkin merupakan hal baru dan bisa diterapkan bahkan dikembangkan dalam dunia pendidikan. Oleh karena itu, Magang I tahun 2020 ini merupakan langkah ke sekian, untuk semakin memantapkan inovasi pembelajaran yang ada di SDI Bayanul Azhar”, imbuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *