Kuota 30 GB untuk 300 Kata

Menulis merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru. Aktivitas guru tidak jauh-jauh dari kompetensi literasi, yang salah satunya dikuatkan dengan kemampuan menulis. Kemampuan menulis sangat bermanfaat baik bagi guru sendiri maupun bagi para siswanya. Dengan kemampuan menulis yang baik materi akan tersampaikan dengan baik pada siswa, dimana pada saat yang sama merupakan contoh yang baik bagi siswa dalam menyusun kata-kata dan kalimat.

Kemampuan menulis diperlukan oleh guru untuk membuat ringkasan materi pelajaran, membuat kalimat soal yang baik dan benar, dan membuat tulisan-tulisan motivasi yang diperlukan untuk membangun motivasi para siswa. Guru tidak hanya bertugas menyampaikan materi, membuat soal, kemudian membuat penilaian saja, tetapi juga harus menjadi motivator bagi siswa, bagi dirinya sendiri, serta bagi teman sejawat bahkan bagi masyarakat umum. Guru harus dapat menjadi penggerak di semua sektor dimana ia berada.

Menghargai kemampuan guru dalam menulis, Kemendikbud RI memberikan penghargaan untuk 10.000 guru di Nusantara, yaitu berupa kuota internet 30 GB. Kuota internet itu dapat diperoleh guru dengan hanya membuat satu RPP dan membuat satu artikel tentang pembelajaran daring sesuai RPP itu, sebanyak 300 – 1000 kata.

Sebagaimana dilansir di laman kemendikbud.go.id: “Sebagai bentuk penghargaan atas kerja keras guru-guru Indonesia yang telah setia membimbing siswa-siswa melalui pembelajaran daring / online selama masa Bekerja dari Rumah, Kemdikbud dan Google memberikan kuota internet gratis 30 GB untuk 90 hari kepada guru-guru hebat.”

Adapun persyaratan untuk mendapatkan kuota internet gratis tersebut para guru dapat mengunjungi web http://guruberbagi.kemdikbud.go.id/. Dengan berbekal RPP dan tulisan 300-1000 kata, kita dapat berkesempatan mendapatkan kuota 30 GB untuk 90 hari.

Masih dari laman kemendikbud.co.id, dikatakan bahwa selain itu, selain program kuota internet gratis ini, Google juga mengadakan beberapa program untuk membantu pendidikan di Indonesia yakni mengatasi kegiatan belajar-mengajar selama kejadian luar biasa pandemi virus corona Covid-19. Program dari google seperti Mengajar Dari Rumahsatu domain bagi 1,8 juta siswa di Jakarta untuk mengakses G Suite for Educationwebinar untuk guru, serta menggratiskan fitur konferensi video premium Google Meet hingga September 2020. (ans)