Seminar IT Pergunu

Guru NU harus “melek” IT, agar tidak tergilas oleh laju perkembangan dunia, serta untuk menyiapkan diri dengan kompetensi mengajar yang kreatif dan inovatif yang berbasis digital.

Menyongsong peringatan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2020, Persatuan Guru NU (Pergunu Kab. Tulungagung) menyelenggarakan Seminar Pendidikan. Tidak tanggung-tanggug, seminar yang dilaksanakan di SMA Diponegoro Tulungagung itu merupkan seminar series yang terdiri dari 4 macam seminar pendidikan dengan tema-tema aktual yaitu School’s Blog and Web Development, Penguatan Literasi, Advokasi dan Hukum, serta materi Islam Ahlussunah Wal Jamaah an Nahdliyah (Aswaja).

Kegiatan diawali dengan Workshop Pembuatan Blog dan Web dengan fokus utama blog pribadi dan website sekolah yang dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 4 Nopember 2020 di Aula SMA Diponegoro Tulungagung.

Hadir dalam kegiatan itu Ketua Pergunu Tulungagung, Ketua LP Ma;arif NU Tulungagung, serta Ketua PGSI Kabupaten Tulungagung. Sedangkan yang hadir dari unsur Pengurus Cabang NU adalah Mohamad Ansori, Wakil Sekretaris PCNU Kab. Tulungagung. Adapun narasumber workshop adalah Deny Triana Yanuarsa, SE seorang praktisi di bidang IT dan Web Development. Kegiatan yang dihadiri lebih dari 100 orang itu tetap menerapkan protokol kesehatan.

Menurut Deny, seorang guru NU harus kreatif, inovatif, dan melek teknologi informasi. “Teknologi informasi memudah pendidik menyampaikan pesan-pesan pendidikan secara digital. Apalagi di masa Pandemi ini, digitalisasi kegiatan sangat diperlukan untuk mengurangi kerumunan massa. Selain itu, anak-anak sudah sangat akrab dengan IT, sehingga kalau para gurunya tidak mengikutinya, maka akan tertinggal oleh para siswanya sendiri,” demikian disampaikan Deny mengawali kegiatan tersebut.

Kegiatan workshop itu terbagi menjadi dua sesi, yaitu sesi pemaparan materi dan praktik pembuatan blog pribadi. Sementara untuk pembuatan website masih belum dapat terealisasi karena kurangnya waktu yang tersedia. Menurut rencana, akan dilanjutkan kegiatan lanjutan semacam mini workshop untuk pembuatan website sekolah bagi yang menghendaki.

Rangkaian kegiatan menyongsong HGN Tahun 2020 ini akan dilanjutkan pada hari Sabtu tanggal 7 Nopember 2020 dengan kegiatan yang bertajuk Seminar Penguatan Literasi dan Optimalisasi Gerakan Literasi di Sekolah/Madrasah. Kegiatan tersebut akan mendatangkan nara sumber seorang penggiat literasi yang sudah kesohor di Kabupaten Tulungagung yaitu Dr. Ngainun Naim, seorang penulis dan dosen di IAIN Tulungagung. Sementara untuk kegiatan Seminar Advokasi dan Aswaja akan dilaksanakan pada tanggal 21 Nopember 2020 sebagai rangkaian akhir Seminar Pendidikan Pergunu Tulungagung. (ans)