Lomba Baca Puisi Virtual K3S Sumbergempol

Setelah sukses melaksanakan Lomba Menyanyi Lagu Perjuangan Secara Virtual, Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulugagung menggelar Lomba Membaca Puisi Secara Virtual. Lomba ini dilaksanakan dalam rangka Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2020, dengan tajuk Lomba Membaca Puisi Untuk Guru Secara Virtual.

Pergelaran itu telah disosialisasikan sejak beberapa minggu yang lalu. Lomba ini diikuti oleh satu orang siswa laki-laki dan satu orang siswa perempuan siswa perempuan sekolah dasar negeri/swasta di wilayah Kecamatan Sumbergempol.

“Kalau semua ikut, akan ada sejumlah 74 video baca puisi yang akan segera diupload dan ditayangkan di akun K3S Kecamatan Sumbergempol.” Kata Imam Sopingi, Ketua K3S Kecamatan Sumbergempol sekaligus penanggung jawab kegiatan ini.

Ketua K3S Imam Sopingi, S.Pd. sedang berdiskusi dengan
Koord. UPASP Kec. Sumbergempol, Darmajid, S.Pd.

Untuk mengikuti lomba ini, para guru dan siswa harus berkolaborasi. Para guru membuat puisinya, dan siswa yang membacakannya. Pembacaan dilakukan dilingkungan sekolah dengan mempertimbangkan sudut keindahannya.

“Video harus diambil langsung bersama audionya, tidak boleh menggunakan sistem editing audio, meskipun anak-anak boleh menggunakan sound system atau clip on, ” kata Suharno, panitia yang membidangi teknis video dan audionya.

Untuk memperindah tampilan puisi, panitia juga telah menyediakan backsound originil. “Backsound ini sengaja dibuat oleh panitia, dengan bantuan profesional, untuk untuk menghindari klaim hak cipta. Sebagaiamana direncanakan, video puisi akan diunggah di akun K3S oleh karena itu karya yang ditampilkan haruslah original,” jelas Suharno.

Sementara itu, dari pihak Dinas Pendidikan, yang dalam hal ini diwakili oleh Koordinator Unit Pelayanan Administrasi Pendidikan (UPASP) Kecamatan Sumbergempol menyambut baik pelaksanaan lomba ini.

“Saya sangat bangga dan mengapresiasi kegiatan virtual yang dilaksanakan oleh K3S Kecamatan Sumbergempol ini. Kegiatan ini merupakan langkah cerdas dan kreatif di tengah masa Pandemi Covid 19 ini. Saya akan mendukung sepenuhnya, dan berharap semua sekolah dasar di Sumbergempol untuk dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya. Kegiatan ini tidak hanya bernilai seni, tetapi juga pengenalan teknologi informasi kepada anak-anak”, jelas Darmajid, S.Pd. Koordinator UPASP Kecamatan Sumbergempol. (ans)