Menggambar, Apa Gunanya?

Salah satu kegiatan yang paling disukai anak-anak adalah menggambar. Menggambar tidak saja mengasah ketrampilan menggerakkan tangan, tetapi juga menguatkan daya imaginasi anak. Selain itu, dengan menggambar guru dan orang tua dapat mengajarkan disiplin ilmu lain seperti sain, matematika, ilmu sosial, bahkan ilmu agama. Cerita bergambar adalah salah satu contoh media yang dapat kita gunakan untuk memasukkan nilai-nilai luhur dan penguatan karakter anak.

Sebagaimana dilansir dalam www.halodoc.com, menggambar tidak saja menyalurkan hobi anak, tetapi juga dapat menjadi wahana untuk melakukan beberapa hal, antara lain:

1.  Melatih Kecerdasan Motorik
Menggambar merupakan aktivitas yang melibatkan banyak hal. Oleh karena itu, menggambar dapat melatih koordinasi antara satu organ dengan organ lainnya seperti mata, tangan, otak, dan lain-lain. Dengan mengambar organ-organ itu akan terlatih dan ikut berkembang dengan sendirinya.

2.  Sebagai Media Berekspresi
Menggambar merupakan salah satu wahana untuk mengekspresikan perasaan. Sedih, senang, bahagia, marah, dan perasaan lainnya dapat diekspresikan anak dalam sebuah gambar. Tidak hanya itu, impian, cita-cita, dan pengharapan semua dapat dituangkan dalam bentuk gambar.

3.  Meningkatkan Memori
Menggambar dapat dilakukan dengan contoh nyata di depan anak, dapat pula dilakukan tanpa contoh nyata di depannya. Menggambar tanpa contoh mengandalkan memori yang tersimpan di otak anak. Oleh karena itu, dengan sering menggambar kekuatan memori anak akan terasah dan daya imaginasinya akan semakin menguat.

4.  Mengembangkan Kemampuan Berkomunikasi
Manfaat lain dari menggambar adalah kemampuan komunikasi. Gambar sebagaimana huruf merupakan media visual yang dapat digunakan untuk berkomunikasi. Bahkan gambar dapat mewakili banyak kata dan kalimat. Gambar sebuah pasar misalnya, sudah dapat mewakili kalimat yang menceritakan jenis-jenis barang yang dijual di pasar, banyaknya orang yang datang, persoalan-persoalan dalam pasar, bahkan gambar yang detail dapat menunjukkan ekspresi dari masing-masing orang yang ada di pasar.

5.   Melatih Kesabaran
Menggambar bagus tidak cukup dilakukan dalam waktu yang singkat. Seorang seniman gambar dapat membutuhkan waktu berhari-hari untuk menggambar satu gambar secara komplit. Apalagi jika seniman tersebut menghendaki gambarnya detil dan sempurna. Oleh karena itu, seorang seniman harus memiliki kesabaran yang tinggi. Anak yang hobi menggambar dapat melatih kesabarannya dari hari-hari.

Di kelas para guru dapat memanfaatkan aktivitas menggambar untuk menjalankan pembelajaran. Anak-anak dapat mengambar siklus air sebagaimana dicontohkan oleh guru dimana pada saat yang sama ia dapat mempelajari bagaimana perubahan wujud air terjadi. Contoh lainnya, seorang anak dapat belajar beberapa binatang dimana pada saat yang sama ia dapat mempelajari klasifikasi binatang berdasarkan jenis makanannya, tempat hidupnya, dan lain-lain. (ans)