Aswaja di Bayanul Azhar

Bayanul Azhar adalah sebuah lembaga pendidikan yang berada di bawah pembinaan LP Ma’arif. Sebagai sekolah Ma’arif lembaga ini mengusung misi diniyah ahlussunah wal jamaah an nahdliyah. Oleh karena itu, salah satu materi yang diberikan kepada para siswa mulai kelas 4 Sekolah Dasar adalah bidang studi Aswaja dan Ke-NU-an. Di dalam bidang studi ini, para siswa mempelajari sejarah dan amaliah NU dan Aswaja. Tujuannya agar para peserta didik tetap berada di rel yang benar yaitu Islam Ahlussunah Wal Jamaah.

Tidak saja melalui pembelajaran, amaliah keseharian yang diterapkan di sekolah ini juga mengacu amaliah nahdliyin sebagaimana diajarkan oleh para kiai. Sholat dengan bacaan basmallah yang jahr, membaca qunut pada shalat Subuh, menyiapkan shalat dengan bacaan “usholli”, dan sebagainya merupakan bagian-bagian yang juga diajarkan dan diterapkan di sekolah ini. Selain itu, belajar menjadi imam tahlil dan istighotsah, bersholawat, jama’ah shalat dhuha secara rutin, juga merupakan hal-hal yang dibiasakan di sekolah ini.

K. Tajuddin Sy berfoto bersama Santri SMPIT Tahfidzil Qur’an

Pimpinan Yayasan Bapak K. Tajuddin Sy, merupakan salah satu alumni Pondok Pesantren Lirboyo Kediri. Selain itu, Tim Penguatan Aswaja juga dilaksanakan oleh para asatidz yang merupakan lulusan pondok pesantren seperti Ustadz Supangat alumin Ponpes Darul Falah Sumbergempol, Ustadz Arif Wahyudi alumni PPHM Ngunut, Ustadz Ardian Hamna alumni Ponpes Lirboyo Kediri, Ustadz Alfin alumni Ponpes Lirboyo Kediri, Ustadzah Harir Al Hafidz alumni PPHM Ngunut, dan ustadz serta ustadzah lainnya yang kapasitasnya sudah tidak diragukan lagi.