Mengapa Sekolah di Bayanul Azhar

Bayanul Azhar adalah sekolah Islam dibawah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Di tahun 2009, sekolah ini merupakan salah satu sekolah unggulan yang merupakan pilot project dari LP Ma’arif Jawa Timur. Deklarasi sebagai sekolah unggulan dituangkan dalam prasasti yang ditandatangani oleh Alm. KH. Hasyim Muzadi, Ketua Umum PBNU pada saat itu.

Aktivitas Pembelajaran di Kelas ICP

Secara umum, sekolah ini mengintegrasikan beberapa kurikulum sekaligus, yaitu:

  1. Kurikulum Nasional 2013.
  2. Kurikulum Madrasah Diniyah Pondok Pesantren
  3. Kurikulum Cambridge (Cambridge International Curriculum) khususnya bagi peserta didik yang mengikuti program International Class Program (ICP).

SD Islam Bayanul Azhar merupakan salah satu dari 16 sekolah percobaan penerapan Kurikulum 2013 sehingga sekolah ini menerapkan K13 sejak tahun 2013. Sehingga, ketika ratusan sekolah lain masih menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pelajaran (KTSP) 2006 pada saat itu, sekolah ini sudah menguji coba penerapan K13 dan menerapkannya sampai saat ini dengan berbagai macam inovasi dan penyeseuaian.

Sebagai lembaga yang diberada dibawah Yayasan Pondok Pesantren Bayanul Azhar, sekolah ini juga menerapkan pembelajaran diniyah ala pondok pesantren. Sejak kelas 1 para siswa telah dikenalkan dengan hafalan do’a-do’a, surat-surat pendek pada Al Qur’an Juz 30, menulis huruf arab (khot) dan pembiasaan ibadah. Mulai kelas 3 peserta didik telah juga dikenalkan dengan “Arab Pegon” yaitu tulisan dengan haruf Arab dengan bacaan bahasa Jawa sebagaimana lazim digunakan di pondok pesantren di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Pada kelas 4 siswa dikenalkan dengan “makno gandhul” yaitu sistem pemaknaan kitab-kitab klasik dengan arti yang miring ke bawah.

Sebagai penguatan dan pembekalan kemampuan berbahasa Inggris dan Bahasa Arab, para siswa dikenalkan dengan pelajaran bahasa Inggris dan bahasa Arab. Khusus para siswa yang mengikuti program International Class Program (ICP) mereka mengikuti pelajaran Bahasa Inggris, Science, dan Math dengan menggunakan buku-buku berbahasa Inggris yang disadur dari Cambridge International Curriculum (CIC).

Tungga apa lagi, AYO BELAJAR DI BAYANUL AZHAR!