Game TEJI_Tempel Jidat

By Siti Asrofah Guru Kelas 4 SDI Bayanul Azhar

Keaktifan  belajar peserta didik  dapat  dilihat berdasarkan  indikator keaktifan  peserta didik  yaitu  turut  serta  dalam  melaksanakan  tugas belajarnya,  terlibat  dalam pemecahan  permasalahan,  bertanya  kepada  siswa  lain  atau kepada  guru,  berusaha mencari  berbagai  informasi  yang  diperlukan  untuk  pemecahan masalah,  melaksanakan diskusi  kelompok,  melatih  diri  dalam  memecahkan  soal,  dan kesempatan  menerapkan apa  yang  telah  diperolehnya  dalam  menyelesaikan  tugas  atau masalah. Keaktifan  belajar  tidak  semata-mata  muncul  karena  siswa  tetapi  guru  juga harus  berusaha untuk  memunculkan  suasana  belajar  yang  aktif  sehingga  siswa  dapat terpacu untuk aktif dalam belajar. Keaktifan siswa saat pembelajaran sangatdiperlukan untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimum. Guru sering kali dilema bagaimana cara menjadikan peserta didik aktif dalam proses pemebelajaran. Salah satu solusi untuk mengatasi kurangnya keaktifan peserta didik diantaranya dengan menggunakan model pembelajaran outing class.

Outing Class

Beberapa peserta didik merasa belajar itu membosankan. Terlebih lagi pembelajaran di kelas yang monoton dan tidak bervariasi, pengulangan kegiatan yang sama membuat pembelajaran menjadi tidak menarik bagi peserta didik. Antusiasme partisipasi dalam pembelajaran juga berkurang, peserta didik cenderung pasif, dan tidak ada kreativitas atau inovasi yang terpancar dari mereka. Untuk itu perluadanya inovasi pembelajaran untuk meningkatkan minat dan semangat belajar peserta didik.

Outing class merupakan proses pembelajaran yang dilakukan di luar ruangan. Kegiatan outing class ini menjadikan anak mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru serta belajar berinteraksi dengan lingkungan dan alam secara langsung.

Manfaat implementasi outing class diantaranya untuk meningkatkan pengetahuan dan kecintaan peserta didik terhadap lingkungan alam, mengurangi kebosanan dalam belajar, membuat informasi lebih mudah diakses, meningkatkan kesadaran akan lingkungan alam, meningkatkan keterampilan bercerita, mendorong kreativitas, dan juga untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

Pembelajaran outing class dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  1. Mengajak peserta didik untuk melakukan kegiatan di luar, misalnya merawat tanaman di halaman sekolah, mengamati benda-benda yang ada di sekitar sekolah, bercerita di taman sekolah.
  2. Mengajak peserta jalan-jalan dan memberi tugas pada peserta didik untuk mengamati apa yang dilihatnya.
  3. Mengadakan outbond di alam terbuka.
  4. Melakukan pembelajaran di dunia industri dan dunia usaha.
  5. Melakukan evaluasi berbentuk game di halaman sekolah

Melakukan Evaluasi Berbentuk Game di Halaman Sekolah

Lingkungan sekolah merupakan tempat outing class yang sangat efektif karena tidak mengeluarkan biaya banyak untuk keluar rumah dan tidak memakan waktu untuk pergi ke tempat kegiatan pembelajaran, namun pembelajaran tetap efektif.

Halaman sekolah SDI Bayanul Azhar yang begitu luas sehingga dapat digunakan untuk pembelajaran outing class diantara yang dilakukan oleh peserta didik kelas IV. Peserta didik melaksanakan evalusi yang berbentuk GAME TEJI (Tempel Jidat). Game ini memodifikasi dari model pembelajaran NHT yang dijadikan sebagai alat evaluasi pembelajaran yang mana setiap anak memiliki nomer dan soal pada kertas yang di tempel pada kening. Mereka akan perpasangan satu sama lain dan yang sudah menjawab soal akan bergian pasagan begitu seterusnya hingga cukup banyak soal yang harus mereka selesaikan.

Metode pembelajaran yang seperti ini sangat membuat peserta didik antusis dan bersemangat bahkan mereka selalu menagih game-game baru yang menantang.

Proses pembelajaran di link youtube

https://youtube.com/shorts/HQoppD__AAo?feature=share

Referensi

Rahmawati, Rizka Lailatul dan Nazarullail, Fikri. 2020. Strategi Pembelajaran Outing Class Guna Meningkatkanaspek Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, Volume7, Nomor 2 https://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/download/8839/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *