Pendaftaran Online Silakan Mengunjungi https://bit.ly/bayanul2425

By Siti Asrofah Guru Kelas 4 SDI Bayanul Azhar

Dengan masih belum berakhirnya masa Pandemi Covid 19 di Indonesia, pemerintah menghimbau kepada masyarakat agar tetap work from home dan learning from home. Guru tetap harus mengadakan kegiatan belajar daring dengan menggunakan berbagai fasilitas yang dimiliki. Mereka dapat menggunakan whatsapp, google form, google classroom, zoom cloud, microsoft teams, dan lain-lain.

Media daring merupakan media dalam jaringan, daring sendiri merupakan singkatan dari dalam jaringan. Dalam konteks ini dalam jaringan merupakan jaringan online. Jaringan online merupakan sesuatu yang berhubungan dengan teknologi dan internet. Keberadaan media dalam sebuah proses pembelajaran memegang peranan yang sangat penting. Sebagaimana diutarakan Sadiman, dkk (2008), media memiliki beragam kegunaan dalam proses pembelajaran antara lain:

  1. Memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu verbalistis,
  2. Mengatasi keterbatasan ruang, waktu, dan daya indera,
  3. Mengatasi sikap pasif anak didik,
  4. Membantu guru dalam memberikan pemantik yang sama, mempersamakan pengalaman, dan menimbulkan persepsi yang sama.

Salah satu bentuk media pembelajaran yang sesuai dengan kemajuan teknologi sekarang dan juga disukai oleh peserta didik adalah media sosial online. Media sosial online saat ini telah menjadi teknologi yang sangat penting untuk berbagai aspek. Baik dari aspek pendidikan, aspek sosial, aspek kebudayaan, aspek ekonomi dan lain sebagainya. Untuk aspek pendidikan, media sosial online sangat terasa manfaatnya baik untuk lembaga pendidikan, untuk pendidik, maupun untuk peserta didik.

Zoom cloud merupakan salah satu aplikasi video conference yang termasuk mudah. Kita dapat mengaplikasikannya dengan menggunakan laptop dengan jaringan wifi, atau menggunakan smartphone android. Dengan menggunakan aplikasi zoom cloud yang free kita dapat menggunakan hanya dalam waktu 40 menit, tetapi bagi yang memiliki zoom cloud yang pro, kita dapat menggunakannya sepuas hati.

Berikut tutorial menggunakan zoom cloud meeting dengan mudah di Leptop kita.

  1. Kunjungi website https://zoom.us/, buat akun zoom terlebih dahulu lalu aktivasi melalui email activation yang didapatkan.
  2. Buka aplikasi Zoom untuk join meeting.
  3. Masukan meeting ID dan Password yang diberikan oleh penyelenggara meeting
  4. Klik Join a Meeting

Berikut tutorial menggunakan zoom cloud meeting dengan mudah di HP Android kita.

  1. Cari aplikasi ZOOM Cloud Meetings melalui pencarian, lalu ketik zoom pada Playstore untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna IOS
  2. Install atau pasang aplikasi zoom di smartphone
  3. Zoom sudah terinstall dan dapat digunakan untuk join meeting
  4. Masuk ke zoom dengan klik link undangan “Join A Meeting Zoom”, maka aplikasi zoom akan terbuka
  5. Masukan nama dan meeting ID untuk join zoom meeting, masukan password jika diperlukan
  6. Selanjutnya kamu dapat melakukan pengaturan audio dan video jika ingin menggunakan virtual background
  7. Jika kamu ingin membuat meeting, pilih start meeting
  8. Masuk ke pengaturan kemudikan buat nama meeting, lalu pilih meeting ID (Generate Automatically) dan isi password
  9. Bagikan link beserta meeting ID dan password kepada partisipan yang akan mengikuti zoom meeting

Melalui Zoom Cloud Meeting kegiatan pembelajaran dapat memberikan pengalaman lebih bagi peserta didik dimana peserta didik bisa berinteraksi secara langsung, siswa bisa melakukan tanya jawab, diskusi dan presentasi tentang masalah pembelajaran yang dihadapi.

Selain itu penggunaan Zoom Cloud Meeting ini dinilai praktis dan efisien bagi mahasiswa, karena dengan menggunakan Zoom Cloud Meeting ini komunikasi antara peserta didik dan guru lebih mudah dibandingkan berkomunikasi secara tertulis atau melalui chat. Peserta didik bisa menyakan kesulitan-kesulitan dalam pembelajaran.

Namun Zoom Cloud Meeting sendiri juga memiliki kendala misalnya pada jaringan yang buruk peserta didik sering terpental sari Zoom Cloud Meeting. Walaupun aplikasi Zoom Cloud Meeting ada kekurangan namun disisi lain aplikasi ini dinilai lebih efisien dan praktis bagi peserta didik. Untuk itu dengan adanya aplikasi Zoom Cloud Meeting ini diharapkan dapat membantu peserta didik dalam hal pembelajaran berbasis online dan diharapkan peserta didik dapat memanfaatkan aplikasi ini dengan seefektif mungkin.

Maka dari itu, peserta didik dan guru harus saling mengerti satu sama lain dalam pembelajaran jarak jauh ketika pandemi COVID-19 ini. Fenomena pandemi COVID-19 harus kita terima dengan baik. Karena, dengan adanya fenomena ini merupakan langkah dorongan terhadap setiap Sekolah dalam memanfaatkan pembelajaran berbasis teknologi dan juga merupakan langkah untuk menuju revolusi industri 4.0.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *